Barus, Esni Mariana Br. (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SWASTA PEMBANGUNAN NASIONAL MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311015 Judul.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
1104311015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
1104311015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1104311015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1104311015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1104311015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104311015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1104311015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1104311015 Bab I.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
1104311015 Bab V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
1104311015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dengan model Cooperative Type Two Stay Two Stray kelas IV SDpada materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di SD SwastaPembangunan Nasional Medan T.A 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Pembangunan Nasional Medanyang berlokasi di Jln.Mustika NO.2 Mandala By Pass Medan. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan berjumlah 24 orang. Teknikpengambilan data dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis datayang digunakan yaitu teknik analisa kooperatif dengan menggunakan indikatorkeberhasilan tindakan sebesar 95% siswa memperoleh nilai minimal 65.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDyang diterapkan dengan menggunakan metode two stay two stray adalah nilairata-rata kelas tersebut pada tes awal 39,17 siswa yang tuntas 0% atau tidak adasiswa yang tuntas , siklus I naik menjadi 54,58 nilai rata-ratanya dan 16,67% atau4 siswa yang tuntas. Pada tes akhir pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 77,92dan persentase ketuntasan siswa sebesar 100% atau 24 siswa yang tuntas belajar.Dalam hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan sebesar 100%.Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasilbelajar pada materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya denganmenggunakan Two Stay Two Stray di SD Swasta Pembangunan Nasional MedanT.A 2012/2013.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two StayTwo Stray pada IPS yang dilaksanakan di kelas IV SD dapat meningkatkan hasilbelajar siswa dengan peningkatan rata-rata sebesar 23,34. hal ini berati bahwamodel pembelajaran Two Stay Two Stray dapat digunakan sebagai alternatifdalam pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Bar p |
Keywords: | Kooperatif; Model Pembelajaran; Belajar; Hasil Belajar; Hakekat Pembelajaran; Suku Bangsa; Budaya |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7219 |