Turnip, Dewi Lestari A (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD.RK.SERDANG MURNI LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920103 Judul.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
071211920103 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
071211920103 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
071211920103 Abstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071211920103 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071211920103 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071211920103 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071211920103 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071211920103 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071211920103 Bab I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
071211920103 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071211920103 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi hasil belajar dan penguasaan siswa tentang materi daur air dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas II siklus yaitu siklus I dan siklus II dan tiap-tiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 orang dengan rincian 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Lokasi penelitian ini adalah SD.RK.Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012-2013, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2013. Alat pengumpul data yang di gunakan adalah tes dan observasi.Model membelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berdasarkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan berbagai model pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa, dimana nilai rata-rata kelas pada pre-test adalah 38,5 dan siswa yang tuntas belajar hanya 6 orang (15%). Pada post-test siklus I nilai rata-rata siswa adalah 63,25 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 23 orang siswa (57,5%). Pada post-test siklus II nilai rata-rata kelas adalah 86,5 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 38 orang siswa (95%). Siswa yang belum tuntas adalah 2 orang siswa (5%).Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa kelas V SD .RK. Serdang Murni Lubuk Pakam. Dengan demikian, guru atau tenaga pendidik dapat menggunakan model pembelajaran berdasakan masalah ini pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya guna meningkatkan hasil belajar siswa maupun prestasi siswa yang bagus disekolah maupun diluar sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Tur p |
Keywords: | Pembelajaran; Model; PBM; Karakteristik; Tujuan; Keunggulan; Kelemahan; Peranan Guru; Peranan Siswa; Langkah-langkah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7217 |