Zuhairiyah, Nina (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI NO. 060929 MEDAN JOHOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311047 Judul.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
1104311047 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (903kB) | Preview
1104311047 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
1104311047 Abstrak.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1104311047 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1104311047 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311047 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104311047 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311047 Bab I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
1104311047 Bab V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1104311047 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1104311047 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa dalam belajar IPS. Proses pembelajaran IPS yang dilakukan guru cenderung masih bersifat teacher centered dimana guru cenderung mendominasi proses pembelajaran dan kurang melibatkan siswa aktif dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri No. 060929 Medan Johor.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini, siswa kelas IV SD Negeri No. 060929 Medan Johor Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 1 kelas yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar format observasi aktivitas siswa dalam belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam belajar IPS dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pada pertemuan pertama siklus I, rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 48,4% (cukup) dengan jumlah persentase siswa yang dinyatakan aktif secara klasikal sebanyak 28,1%. Pada pertemuan kedua siklus I, rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 55,8% (cukup) dengan jumlah persentase siswa yang dinyatakan aktif secara klasikal sebanyak 43,7%. Hal ini menunjukkan bahwa secara klasikal pada pertemuan pertama dan kedua siklus I, para siswa dinyatakan masih belum aktif dalam belajar karena masih kurang dari 85%. Setelah dilakukan perbaikan tindakan siklus II, pada pertemuan pertama siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa menjadi sebesar 69,9% (baik) dengan jumlah persentase siswa yang dinyatakan aktif secara klasikal sebanyak 90,6%. Pada pertemuan kedua siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 74,7% (baik) dengan jumlah persentase siswa yang dinyatakan aktif secara klasikal sebanyak 93,7%. Hal ini menunjukkan bahwa secara klasikal pada pertemuan pertama dan kedua siklus II, para siswa dinyatakan telah aktif dalam belajar karena sudah lebih dari 85% siswa yang dinyatakan aktifBerdasarkan hasil temuan penelitian selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri No. 060929 Medan Johor Sebagai tindak lanjut diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 3720.83 Zuh m |
Keywords: | Kooperatif; Pembelajaran; Kelebihan; Aktifitas Belajar; Model Pembelajaran Tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7214 |