Pralabaika, Nikita Rufa (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 066046 MEDAN HELVETIA T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313224 Judul.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108313224 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
108313224 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
108313224 Abstrak.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
108313224 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108313224 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
108313224 Daftar Diagram.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
108313224 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
108313224 Bab I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
108313224 Bab V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108313224 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada pokok bahasan Kegiatan Ekonomi di Indonesia di kelas V SD.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 066046 Medan Helvetia.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD, yang berjumlah 32 0rang siswa.terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.Penelitian ini tentang penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Teknik pngumpulan data yang akan digunakan adalah berpedoman pada observasi dan lembar tes.Desain penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu ; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian dimulai dari tes awal (pretes) diperoleh (1) nilai rata-rata hasil tes awal (pretes) adalah 38,43 ,siswa yang tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase ketuntasan 6,25% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 30 orang dengan persentase tidak tuntasnya 93,75% (2) nilai rata-rata pada siklus I pertemuan pertama adalah 50,62 ,siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase ketuntasan 25% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 24 orang dengan persentase tidak tuntasnya 75% (3) nilai rata-rata pada siklus I pertemuan kedua adalah 66,25 ,siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase ketuntasan 53,12% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 15 orang dengan peresentase tidak tuntasnya 46,87% (2) nilai rata-rata pada siklus II adalah 88,12 ,siswa yang tuntas sebanyak 31 orang dengan persentase ketuntasan 96,87% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 orang dengan persentase tidak tuntas 3,12%.Hasil tes siswa disetiap siklus memberikan hasil yang memuaskan dari siklus I sampai siklus II nilai rata-rata dan persentase ketuntasan mengalami peningkatan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut,disarankan kepada guru agar dapat mencoba menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai alternative untuk meningkatkan hasil belajar IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Pra m |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Faktor-faktor; IPS; Pembelajaran Kooperatif; Jenis; Bentuk Usaha |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7210 |