Dalimunthe, Zulkifli (2008) MODEL PENDAMPINGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKUKAN SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 060915 MEDAN SUNGGAL. Jurnal Tabularasa, 5 (1). pp. 103-114. ISSN 1693-7732
Model pendampingan kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik di SD Negeri 060915 Medan Sunggal.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Model pendampingan yang dilakukan pengawas bersama-sama kepala sekolah dalam supervisi akademik dilakukan secara terus menerus secara interaksi edukatif, komunikasi yang positif sesuai dengan kebutuhan kepala sekolah. Pendampingan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan disain PTK model siklus oleh Kemmis & Taggart. Pada setiap siklus ada empat komponen kegiatan yang dilakukan rencana, tindakan, pemantau, refleksi dan evaluasi. Hasil evaluasi pada siklus I ternyata pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah belum masuk kategori baik. Siklus II dan siklus III, kepala sekolah dilatih melakukan supervisi akademik dengan metode pendampingan. Hasil menunjukkan bahwa model pendampingan dapat meningkatkan keterampilan kepala sekolah melakukan supervisi akademik.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pendampingan; Kepala Sekolah; Supervisi Akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 04:30 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/720 |