MODEL PENDAMPINGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKUKAN SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 060915 MEDAN SUNGGAL

Dalimunthe, Zulkifli (2008) MODEL PENDAMPINGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKUKAN SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 060915 MEDAN SUNGGAL. Jurnal Tabularasa, 5 (1). pp. 103-114. ISSN 1693-7732

[thumbnail of Model pendampingan kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik di SD Negeri 060915 Medan Sunggal.pdf]
Preview
Text
Model pendampingan kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik di SD Negeri 060915 Medan Sunggal.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Model pendampingan yang dilakukan pengawas bersama-sama kepala sekolah dalam supervisi akademik dilakukan secara terus menerus secara interaksi edukatif, komunikasi yang positif sesuai dengan kebutuhan kepala sekolah. Pendampingan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan disain PTK model siklus oleh Kemmis & Taggart. Pada setiap siklus ada empat komponen kegiatan yang dilakukan rencana, tindakan, pemantau, refleksi dan evaluasi. Hasil evaluasi pada siklus I ternyata pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah belum masuk kategori baik. Siklus II dan siklus III, kepala sekolah dilatih melakukan supervisi akademik dengan metode pendampingan. Hasil menunjukkan bahwa model pendampingan dapat meningkatkan keterampilan kepala sekolah melakukan supervisi akademik.

Item Type: Article
Keywords: Model Pendampingan; Kepala Sekolah; Supervisi Akademik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:30
Last Modified: 31 Mar 2016 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item
View Item