Lubis, Mutia Angraini (2015) PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI SISWA EKONOMI KURANG MAMPU UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113351018 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1113351018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
1113351018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
1113351018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1113351018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
1113351018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113351018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113351018 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113351018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113351018 BAB I.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
1113351018 BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
1113351018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1113351018 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian layanan informasi terhadap peningkatan motivasi siswa ekonomi kurang mampu untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi pada siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 7 Medan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada peningkatan pemberian layanan informasi terhadap peningkatan motivasi siswa ekonomi kurang mampu untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi pada siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 7 Medan tahun ajaran 2014/2015. Seperti hasil observasi awal peneliti menemukan bahwa tingkat motivasi siswa ekonomi kurang mampu untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi tergolong rendah yaitu 59% orang siswa tidak berminat. Hal ini diketahui karena siswa mengalami keterbatasan ekonomi dan tidak adanya motivasi dalam diri. Dengan ini peneliti mempunyai ide bagaimana supaya siswa- siswi ini memiliki motivasi siswa ekonomi kurang mampu untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi dengan pemberian layanan informasi. Penelitian ini menggunakan desain PTBK (penelitian tindakan bimbingan konseling) melalui dua siklus. Setiap siklus memiliki komponen yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi, 5) evaluasi, dimana setiap perubahan dapat dilihat dari evaluasi. Dari hasil perhitungan tampak bahwa pemberian layanan informasi terhadap peningkatan motivasi siswa ekonomi kurang mampu untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi yang mengalami perubahan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 22,58%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 61,29%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi siswa ekonomi kurang mampu untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi pada siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 7 Medan tahun ajaran 2014/2015. Itu artinya pemberian layanan informasi dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi siswa ekonomi kurang mampu untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Lun p |
Keywords: | Motivasi;Jenis-jenis Motivasi;Pendidiakn dan Keiskininan; Layanan Informasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7171 |