Sembiring, Yusnita Sari (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA TEMA PENDIDIKAN KELAS III SDN 104225 PERPANDEN KAB. DELI SERDANG 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1113311059 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1113311059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
3. NIM. 1113311059 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 1113311059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 111331059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
6. NIM. 111331059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 111331059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 111331059 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 111331059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. NIM. 111331059 BAB I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
14. NIM. 111331059 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
15. NIM. 111331059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran tematik. Selanjutnya yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III SD dengan jumlah sampel 30 orang siswa (18 orang siswa laki-lakidan 12 orang siswa perempuan) SD Negeri 104225 Perpanden Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa adalah observasi dan angket. Hasil observasi pada siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa nilai keberhasilan guru dalam pembelajaran hanya mencapai 64,28. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa hanya mencapai 10% (3 orang) sedangkan yang tidak aktif 90% (27 orang). Pada siklus I pertemuan II nilai keberhasilan guru 71,42, dalam hal ini guru sudah berhasil tetapi masih perlu melakukan peningkatan. Berdasarkan hasil observasi pada siklus II pertemuan I dapat diketahui persentase siswa yang aktif yaitu 16,66% (4 orang) sedangkan siswa yang tidak aktif 83,34% (26 orang). Hasil observasi pada siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa keberhasilan guru mencapai nilai 82,14 dalam hal ini guru dikategorikan berhasil dalam pembelajaran. Keaktifan siswa pada siklus II pertemuan I juga telah mencapai kriteria siswa yang aktif dan mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya dengan persentse siswa yang aktif 86,66% (26 orang) sedangkan siswa yang tidak aktif hanya 13,33% (4 orang). Pada siklus II pertemuan II guru juga berhasil dalam pembelajaran dengan pencapaian nilai berdasarkan hasil observasi mencapai nilai 92,86. Keaktifan siswa juga semakin meningkat dan semua siswa sudah aktif yaitu terdapat 30 dari 30 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan belajar siswa 100% sedangkan siswa yang tidak aktif 0%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas III SD Negeri 104225 Perpanden Kab. Deli Serdang dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tornament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar anak pada pelajaran Tematik Tema Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Sem p |
Keywords: | Belajar; Faktor; Siswa; PembelajaranTNT |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7167 |