Sari, Kurnia Puspa (2012) MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE TEAMS-GAME-TOURNAMENTS PADA PELAJARAN PKN MENGENAI MENYIKAPI GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI 101826 TUNTUNGAN II TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313167 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
108313167 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
108313167 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108313167 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
108313167 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
108313167 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313167 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313167 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313167 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313167 BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
108313167 BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
108313167 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101826 Tuntungan II T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Type Teams-Game-Tournaments (TGT)Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penggunaan pembelajaran kooperatif type Teams-Game-Tournaments dapat meningkatkan aktifitas belajar pada pelajaran PKn Mated Pokok Menyikapi Globalisasi di Kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan II TA 2011/2012?Penelitian ini bertujuan tujuan dad penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar melalui pembelajaran kooperatif type Teams-Game-Tournaments Pada Pelajaran PKn Mated Pokok Menyikapi Globalisasi di Kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan U TA 2011/2012 dengan subjek adalah selurub siswa kelas N sebanyak 32 orang siswa.Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Can pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus H.Berdasarkan analisis data sebelum Sebelum dilakukan tindakan dengan menggunakan pembelajaran koopertif Teams-Games-Tournament (TGT) diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa tergolong rendah yaitu 45,2. Pada siklus 1 rata-rata aktivitas belajar siswa tergolong rendah yaitu 62,1. Pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 73,3 tergolong kategori tinggi.Dengan maim dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Type Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktifitas belajar pada pelajaran PKn Mated pokok menyikapi globalisasi di Kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan Ii Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar m |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments; PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7146 |