Simanjuntak, Irma Suryani (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INQUIRI DI KELAS V SD SWASTA GKPS MEDAN TA. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113035 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108113035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108113035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
108113035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108113035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
108113035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108113035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108113035 BAB I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
108113035 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
108113035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah setelah menggunakan ingrtiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok sifat¬sifat bangun datar di kelas V SD Swasta GKPS Medan Tahun Ajaran 2011/2012?Subjek dalam penelitian tidakan kelas ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 13 pescrta didik laki-laki dan II peserta didik perempuan di SD Swasta GKPS Medan. Objek dalam penelitian ini adalah metode inquiri yang diharapkan dapat mcningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matamatika Materi Pokok Sifat-sifat bangun datar Dengan Metode Inquiri di Kelas V SDPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode inquiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Swasta GKPS TA 2011/2012.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kclas (PIK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap sikius dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada sikius 1, peneliti terlebih dahulu mengarnati proses pembelajaran awal siswa atau prasiklus yang bertujuan selain untuk mcngetahui motivasi belajar siswa juga untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajarinstrutnen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi belajar siswa dengan indikator : tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat yang tinggi terhadap bermacam-macam masalah, bekerja mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, bekerja sama dalam mencari dan memecahkan masalah..Berdasarkan analisis data observasi pada kondisi awal diperoleh 3 orang memiliki motivasi belajar balk (12,5%), 4 orang memiliki motivasi belajar cukup (16,7%), 17 orang memiliki motivasi belajar kurang (70,8%), Pada sikius I mengalami perubahan yaitu : I2orang memiliki motivasi belajar baik (50%), 3 orang memiliki motivasi belajar cukup (12,5%), 9 orang memiliki motivasi belajar kurang (37,5%). Dan pada sikius II persentase motivasi belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu : 10 orang memiliki motivasi belajar sangat baik (41,7%), 11 orang memiliki motivasi belajar baik (45,8%), 3 orang memiliki motivasi belajar cukup (12,5%) .Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Inquiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika di Kelas V SD Swasta Medan. Oleh karena itu, metode Inquiri dapat ditcrapkan sebagai salah satu altematife dalam meningkatakan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Matematika; Metode Inquiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7144 |