Sari, Nevi Puspita (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD SWASTA PLUS PELANGI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109811100 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
109811100 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
109811100 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
109811100 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
109811100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109811100 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109811100 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109811100 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109811100 BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
109811100 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
109811100 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah pada mata pelajaran sains. Selanjutnya yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sains pokok panca indera manusia dengan menggunakan metode demonstrasi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Swasta Plus Pelangi T.A 2012/2013 yang berjumlah 23 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa daftar check-list Motivasi siswa dan angket yang berisikan pertanyaan tentang tanggapan-tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Instrumen lembar observasi dalam penelitian ini digunakan daftar check-list Motivasi siswa dengan indikator sebagai berikut: (a) Tekun menghadapi tugas, (b) Ulet menghadapi kesulitan, (c) Minat dalam belajar, (d) Kemandirian dalam belajar, (e) Keaktifan dalam belajar, (f) Percaya diri, (g) Kreatif (h) Senang menghadapi tantangan,(i) Memanfaatkan waktu untuk belajar,(J) Belajar jadi kesenangan. Pada kondisi awal sebanyak 21 orang siswa ( 91,30 %) yang belum termotivasi dalam belajar, dan sebanyak 2 orang siswa ( 8,69 %) yang termotivasi. Pada siklus I sebanyak 12 orang siswa ( 52,17 %) yang belum termotivasi dalam belajar, dan sebanyak 11 orang siswa (47,82 %) yang sudah termotivasi dalam belajar. pada siklus II sebanyak 4 orang siswa (17,39 %) yang belum termotivasi dalam belajar dan sebanyak 19 orang siswa (82,60 %) yang sudah termotivasi dalam belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat Meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas IV SD Swasta Plus Pelangi pada pokok bahasan panca indera manusia pada Tahun Pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode demonstrasi ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Sains; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7129 |