Wulan, Sri (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DESIMAL DENGAN METODE DRILL DI KELAS V SDN 163092 KOTA TEBING TINGGI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113061 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
108113061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
108113061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
108113061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108113061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108113061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108113061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108113061 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108113061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108113061 BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
108113061 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108113061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 163092 Kota Tebing Tinggi pada mata pelajaran Matematika, sehingga nilai siswa tidak mencapai standar yang telah ditentukan sekolah yaitu 65.Penelitian yang dilaksanakan di SDN 163092 Tebing Tinggi bertujuan untuk mengaplikasikan penggunaan metode Drilluntuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimaldi kelas V SDN 163092 Kota Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 163092 Kota Tebing Tinggi tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 orang siswa. Penentuan sampel ini berdasarkan hasil penelitian awal terhadap kelas yang akan diteliti dan hasil rujukan dari kepala sekolah. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode drilldalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimaluntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes peneliti mendapatkan data dari 35 siswa hanya 7 siswa yang mencapai nilai tuntas dengan persentase sebesar 20%, dan 28 siswa memperoleh nilai tidak tuntas dengan persentase sebesar 80% dengan nilai rata-rata 54,85.Kesulitan-kesulitan siswa dianalisis kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode Drill pada siklus I. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari 35 siswa terdapat 15 siswa yang mencapai nilai tuntas dengan persentase sebesar 42,9 dan 20 siswa yang tidak mencapai nilai tuntas dengan persentase sebesar 57,1dengan nilai rata-rata 66. Nilai ini masih tergolong rendah, maka harus dilanjutkan ke siklus II. Dan setelah dilakukan siklus ke II ini mengalami peningkatan dari 35 siswa hanya 4 siswa yang belum mengalami nilai tuntas dengan persentase sebesar 11,4% dan 31 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase sebesar 88,6% dengan nilai rata-rata klasikal 86,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Drill dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal siswa di kelas IV SDN 163092 Kota Tebing Tinggi tahun ajaran 2011/2012. Dan disarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam mata pelajaran Matematika khususnya agar proses pembelajaran dikelas berjalan efektif dan hasil belajar siswa pun menjadi meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Wul u |
Keywords: | Hasil Belajar siswa; Metode Drill; Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7125 |