Simanihuruk, Julia Fransiska (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD NEGERI 101732 KAMPUNG LALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311030 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
1104311030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (834kB) | Preview
1104311030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
1104311030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
1104311030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
1104311030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1104311030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
1104311030 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1104311030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
1104311030 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
1104311030 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1104311030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
1104311030 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains pada materi Penggolongan Hewan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Penggolongan Hewan .Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101732 Kampung Lalang yang berjumlah 30 orang siswa dengan jumlah laki-laki 10 orang siswa dan 20 orang siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari II siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Berdasarkan analisis hasil observasi tingkat motivasi belajar siswa dapat dijelaskan bahwa dari 30 orang siswa pada siklus I pertemuan 1 terdapat siswa rendah, sedang dan tinggi. Dari 30 orang siswa di atas ada sebanyak 22 orang siswa (73,3 %) yang tergolong kriteria motivasi rendah, 5 orang siswa (16,7 %) yang tergolong kriteria motivasi sedang, 3 orang siswa (10 %) yang tergolong kriteria motivasi tinggi. Pada siklus I pertemuan 2 ada sebanyak 15 orang siswa (50 %) yang tergolong kriteria motivasi rendah, 11 orang siswa (36,7 %) yang tergolong kriteria motivasi sedang, 4 orang siswa (13,3 %) yang tergolong kriteria motivasi tinggi. Pada siklus II pertemuan 1 ada sebanyak 3 orang siswa (10 %) yang tergolong kriteria motivasi rendah, 14 orang siswa (47 %) yang tergolong kriteria motivasi sedang, 13 orang siswa (43 %) yang tergolong kriteria motivasi tinggi. Pada siklus II pertemuan 4 ada sebanyak 2 orang siswa (13 %) yang tergolong kriteria motivasi sedang, 26 orang siswa (87 %) yang tergolong kriteria motivasi tinggiDengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Sains khususnya pada materi Penggolongan Hewan. Oleh karena itu disarankan agar guru mempersiapkan alat dan bahan serta melaksanakan model yang tepat yaitu Model Pembelajaran Examples Non Examples pada pelajaran Sains agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Penggolongan Hewan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pembelajaran Examples Non Examples; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7111 |