Erpiana, Irma (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101752 KLAMBIR LIMA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313148 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313148 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
108313148 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
108313148 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313148 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313148 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313148 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313148 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313148 BAB I.pdf - Published Version
Download (945kB) | Preview
108313148 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313148 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101752 Klambir Lima menggunakan Kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Sebab pembelajaran Numbered Heads Together ini merupakan strategi belajar yang menuntut kerjasama, interaksi, serta keaktifan siswa dalam kelompok dan siswa saling membantu dalam memahami konsep pembelajaran dan memperbaiki jawaban yang bertujuan untuk memotivasi belajar yang optimal.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Pada siswa kelas V SD Negeri 101752 Klambir Lima. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa V SD Negeri 101752 Klambir Lima dengan jumlah 36 orang siswa.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, pilihan berganda serta lembar kerja siswa pada setiap siklus berlangsung. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Sebelum melaksanakan pembelajaran berlangsung terlebih dahulu peneliti melaksanakan pre test (tes awal). Berdasarkan hasil pre test menunjukkan dari 36 orang siswa hanya 8 orang (22,22%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 5,0. Pada siklus I terdapat sebanyak 21 orang (58,33%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 64,72. Ini menunjukkan terjadi peningkatan dari tes sebelumnya. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 29 orang (80,55%) siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,27%. Jika dibandingkan pada siklus I ketuntasan belajar siswa pada siklus II semakin meningkat. Dengan melihat nilai pada siklus II, siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, sehingga tidak perlu melakukan siklus berikutnya.Dengan demikian maka dapat disimpulkan, bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 101752 Klambir Lima Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Erp m |
Keywords: | pembelajaran kooperatif; tipe numbered heads together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7102 |