Hutabarat, Yulia Crisdianty (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI 101866 BATANG KUIS PEKAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313407 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
108313407 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313407 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
108313407 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313407 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
108313407 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313407 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313407 BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
108313407 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313407 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313407 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313407 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pengaruh globalisasi dibidang teknologi dan komunikasi di SD Negeri No 101866 Batang Kuis Pekan.Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : a) rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, b) siswa cenderung pasif dalam mata pelajaran PKn, c) guru cenderung menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, d) guru cenderung menggunakan model pembelajaran yang klasikal.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No 101866 Batang Kuis Pekan yang berjumlah 30 orang siswa, laki-laki 13 orang dan perempuan 17 orang. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri No 101866 Batang Kuis Pekan.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa tes dan observasi terhadap kelas selama kegiatan pembelajaran berlangsung, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Hasil penelitian pada saat pre test mencapai 7 siswa atau sebesar 23,33% yang tuntas dan 23 siswa atau sebesar 76,66% yang belum mencapai nilai ketuntasan dari 30 siswa dengan nilai rata-rata 54,33. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 14 siswa atau sebesar 46,66% dan 16 siswa sebesar 53,33% yang belum tuntas dari 30 siswa dengan nilai rata-rata kelas 64,33, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat yaitu 28 orang siswa atau 93,33% dengan nilai rata-rata 83,33 dan 2 orang siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan atau sebesar 6,67%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pengaruh globalisasi dibidang teknologi dan komunikasi di kelas IV SD Negeri No 101866 Batang Kuis Pekan Tahun Ajaran 2011-2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Hut m |
Keywords: | pkn; pembelajaran kooperatif; tipe gorup investigation |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7095 |