Dewi, Ratna (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BEBAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM SISWA KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313273 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313273 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
108313273 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
108313273 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313273 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313273 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313273 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313273 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313273 BAB I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
108313273 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108313273 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313273 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang mampu menulis karangan, siswa kurang mampu dalam penggunaan tanda baca, huruf kapital, paragraph dan sulit menuangkan ide ke dalam bentuk karangan. Selanjutnya yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis karangan bebas dengan model pembelajaran PAKEM pada pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah yang berjumlah 33 orang siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil pengamatan peneliti terhadap kemampuan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata belajar siswa secara klasikal 1,5, pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan menjadi 2,0. Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus II maka kemampuan belajar siswa menjadi semangkin meningkat yaitu secara klasikal 2,6 pada pertemuan 1 dan 3,4 pada pertemuan 2. Hasil pengamatan observasi guru pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata secara klasikal 57,5, pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan menjadi 72,5.pada siklus II pertemuan 1 diperoleh rata-rata secra klasikal adalah 85 dan 97,5 pada siklus II pertemuan 2. Hasil tes belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata hasil tes belajar siswa secara klasikal 54,2, pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan menjadi 65,9. Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus II pertemuan 1 rata-rata secara klasikal adalah 71,5, pada siklus II pertemuan 2 menjadi meningkat lagi yaitu rata-rata secara klasikal yaitu 82,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan bebas siswa kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran PAKEM ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa aktif dan kreatif belajar sehingga tujuan pembaljaran yang diinginkan tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Dew m |
Keywords: | karangan bebas; pembelajaran pakem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7093 |