Nasution, Anni Khairiah (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIG SAW PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101770 TEMBUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313028 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
108313028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108313028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313028 BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
108313028 BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101770 Tembung Tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101770 Tembung Tahun pelajaran 2011/2012 khususnya pada pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan bulan Tahun Ajaran 2011/2012 melalui penerapan metode belajar Jig Saw. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjek adalah sebanyak 38 siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun 2011/2012. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan tes dan observasi. Dari hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II dalam pelajaran IPA materi kenampakan bumi dan bulan, ternyata telah diperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara signifikan. Jumlah siswa yang telah mengalami ketuntasan hasil belajar pada tes awal adalah 9 orang dengan nilai Persentase Ketuntasan Klasikal 23,68% (Tidak Tuntas), pada tes akhir I jumlah siswa yang telah mengalami ketuntasan hasil belajar adalah 22 orang dengan nilai Persentase Ketuntasan Klasikal 57,89% (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan test akhir II jumlah siswa yang telah mengalami ketuntasan hasil belajar adalah 34 orang dengan nilai Persentase Ketuntasan Klasikal telah mencapai 89,47% (Tuntas).Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jig Saw mengenai pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan bulan berpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa.. Peneliti menyarankan agar guru bidang studi IPA lebih meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Jig Saw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nas p |
Keywords: | metode kooperatif; tipe jigsaw; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7092 |