Anggreiny, Dewi (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 060907 KAMPUNG BARU KECAMATAN MEDAN MAIMUN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313062 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
108313062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
108313062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
108313062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313062 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313062 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313062 BAB I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
108313062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313062 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran sains dengan menggunakan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang masih di bawah kkm karena metode yang digunakan kurang bervariasi dalam pembelajaran sains. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode eksperimen. penelitian ini dilakukan di SD Negeri 060709 kampungbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode eksperimendapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri 060709 kampungbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Metode Eksperimen Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sainsperubahan wujud benda di Kelas IV SD Negeri 060709 kampungbaru T.A. 2012/2013. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa Kelas IV pada tahun ajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberikan tes. Dari hasil analisis data diperoleh 1 siswa (3,33%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 29 siswa (96,66%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. dari pretes diperoleh nilai rata-rata siswa 38,00. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 12 siswa (40%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 18 siswa (60%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 61,33. Dari haasil tes pada siklus II diperoleh 27 siswa (90%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 3 siswa (10%)belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 86,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimendapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 060709 kampungbaru. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode eksperimendapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahanwujudbenda
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ang m |
Keywords: | sains; metode eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7078 |