Rahayu, Sendy (2012) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD NEGERI NO. 106788 PURWODADI KECAMATAN SUNGGAL T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313323 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313323 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
108313323 -KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108313323 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
108313323 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
108313323 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313323 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313323 BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
108313323 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313323 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108313323 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajarsiswa pada pelajaran Sains materi pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IVSD Negeri No. 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa denganmenggunakan metode demonstrasi pada pelajaran Sains materi penaruh gayaterhadap gerak bendadi kelas IV SD Negeri No. 106788 Purwodadi. Metodepembelajaran yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi.Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroomAction Research) dan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk efektivitaspelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran maka guru membuat ker jakelompok siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 106788Purwodadi Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 40 orang dan objekmetode demonstrasi. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil konsultasidengan guru unuk kelas yang akan diteliti dan berdasarkan hasil rujukan dariKepala Sekolah.Hasil penelitian pada saat observasi dengan menggunakan metodedemonstrasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada siklus I diketahuiaktivitas belajarnya 76%, sehingga peneliti memutuskan untuk melanjutkanpenelitian pada siklus II dan hasil belajarnya meningkat menjadi 92% danmengalami peningkatan sebesar 16% maka dar i itu penelitian ini dianggapberhasil dan tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metodedemonstrasi pada pembelajaran Sains materi Pengaruh gaya terhadap gerak bendadapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV SD Negeri No. 106788Purwodadi T.A 2011/2012.Untuk itu penulis sarankan kepada guru-guru Sekolah Dasar kelas IV SDNeger i 106788 agar menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaranSains, khususnya materi pengaruh gaya terhadap gerak benda agar tujuanpembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Rah p |
Keywords: | metode demonstrasi; aktivitas belajar; sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7075 |