Nasution, Yaslaminaddiniah (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS IV SD NEGERI 060808 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113069 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108113069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
108113069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
108113069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
108113069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
108113069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108113069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108113069 BAB I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
108113069 BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
108113069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
108113069 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun datar. Rendahnya kemampuan berhitung siswa disebabkan oleh beberapa factor seperti Kemampuan siswa terhadap mata pelajaran matematika sangat rendah, Kurangnya daya kreatif guru untuk membuat dan menggunakan sarana, media, atau alat peraga dalam kegiatan pembelajaran, Metode yang digunakan guru belum bervariasi.Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada pelajaran matematika pokok bahasan pengukuran bangun datar di kelas IV SD negeri 060808 Medan T.A 2011 / 2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD negeri 060808 Medan Tahun Ajaran 2011 / 2012 yang terdiri dari 37 orang siswa dengan jumlah laki – laki sebanyak 21 orang dan siswa perempuan sebanyak 16 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan berhitung siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar dengan menggunakan metode problem solving.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretes dari 37 siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 3 orang siswa (8,11%) dengan kategori mampu, dan sebanyak 34 siswa (91,89%) mendapat nilai dengan kategori belum mampu dengan nilai rata – rata 26,21. Pada siklus I terdapat sebanyak 13 orang siswa (35,13%) dengan kategori mampu, dan sebanyak 24 siswa (64,87%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata – rata 52,9. Pada siklus II terdapat sebanyak 32 orang siswa (86,49%) dengan kategori mampu, dan sebanyak 5 siswa (13,51%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata – rata 75,4.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di kelas IV SD Negeri 060808 Medan T.A 2011/2012. Oleh karenanya guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan metode problem solving sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nas m |
Keywords: | Kemampuan Berhitung; Matematika; Problem Solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7070 |