Kurniawan, Didi (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN BAGI KELAS IV SD NEGERI 010187 KAB. BATUBARA TA. 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313069 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
108313069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108313069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313069 BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
108313069 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
108313069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 010187 Kab. Batubara, jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode permainan pada pokok bahasan penjumlahan pecahan di kelas V SD.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang Tahun Ajaran 2011-2012. penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pemantauan terhadap kelas yang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya hasilbelajar matematika siswa khususnya pada pokok bahasan penjumlahan pecahan,serta guru kurang bervariasi menggunakan metode dan kurangnya minat belajarsiswa pada pelajaran matematika. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, tesyang diberikan sebanyak 10 soal berbentuk test uraian. Soal yang diberikan 3 kali yaitu pre test, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode permainan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan pecahan. Hasil penelitianmenunjukkan pada saat pre tes sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 23orang siswa 4 siswa (17,39%) yang memenuhi ketuntasan belajar dengan nilairata-rata kelas sebesar 51,30 dan 19 siswa (82,61%) tidak memenuhi ketuntasanbelajar, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi65,48, dengan tingkat belajar siswa dari 23 orang siswa sebesar 52,17% atausebanyak 12 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 11 siswa (47,83%)tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 89,30 dengan tingkat belajar siswa dari 23 orang siswa sebanyak 20 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 3 siswa (13,04%) tidak tuntas. Jadi dapat dikatakan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 86,95%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan pecahan di kelas IV SD Negeri 010187 Kab.Batubara Tahun Ajaran 2011-2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Kur u |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Metode Permainan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 05:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7068 |