Harahap, Herawati (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SQ3R DI KELAS IV SD NEGERI 101100 GUNUNG TUA TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
109811053 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
109811053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
109811053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
109811053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109811053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109811053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109811053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
109811053 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109811053 BAB I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
109811053 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109811053 DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan strategi SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca Siswa kelas IV SD Negeri 101100 Gunung Tua TA 2011/2012?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca intensif dengan teks cerita rakyat menggunakan metode latihan bervariasi di kelas IV SD Negeri 101100 Gunung Tua. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 37 orang siswa.Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II.Berdasarkan analisis data diperoleh nilai pretest dari 37 orang siswa pada awal tindakan dari 37 orang siswa diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca intensif siswa adalah 60,0 dengan kriteria untuk indikator mengenal huruf secara benar sebanyak 29 orang siswa (78,4%) mendapat nilai tinggi, untuk indikator menggunakan tanda baca secara tepat 18 orang siswa (48,6%) mendapat nilai rendah, indikator menghubungkan tanda baca dan huruf sebanyak 15 orang siswa (40,5%), indikator menghubungkan tanda baca dan huruf dengan maknanya sebanyak 20 orang siswa (54,1%) dan indikator membuat kesimpulan sebanyak 29 orang siswa (78,4%) mendapat nilai tinggi. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan membaca intensif siswa adalah 71,4 dengan kriteria untuk indikator mengenal huruf secara benar sebanyak 32 orang siswa (86,5%) mendapat nilai sangat tinggi, untuk indikator menggunakan tanda baca secara tepat 20 orang siswa (54,1%) mendapat nilai rendah, indikator menghubungkan tanda baca dan huruf sebanyak 20 orang siswa (54,1%) dengan kategori rendah, indikator menghubungkan tanda baca dan huruf dengan maknanya sebanyak 26 orang siswa (70,3%) dan indikator membuat kesimpulan sebanyak 34 orang siswa (91,9%) mendapat nilai tinggi. Pada sikus II nilai rata-rata kemampuan membaca intensif siswa adalah 88,1 dengan kriteria untuk indikator mengenal huruf secara benar sebanyak 36 orang siswa (97,3%) mendapat nilai sangat tinggi, untuk indikator menggunakan tanda baca secara tepat 29 orang siswa (78,4%) mendapat nilai sangat tinggi, indikator menghubungkan tanda baca dan huruf sebanyak 30 orang siswa (81,1%) dengan kategori sangat tinggi, indikator menghubungkan tanda baca dan huruf dengan maknanya sebanyak 33 orang siswa (89,2%) tergolong sangat tinggi dan indikator membuat kesimpulan sebanyak 35 orang siswa (94,6%) mendapat nilai sangat tinggi.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan teks cerita rakyat di kelas IV SD Negeri 101100 Gunung Tua TA 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Har m |
Keywords: | Membaca Intensif Siswa; Strategi SQ3R |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7066 |