Batubara, Rizki Fadhilah (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS IV SD NEGERI NO 064976 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313301 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313301 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
108313301 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
108313301 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313301 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
108313301 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313301 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313301 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313301 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313301 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
108313301 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
108313301 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313301 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok bangun ruang dan sifat-sifat bangun ruang sederhana di kelas IV SD Negeri 064976 Medan T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi pada materi bangun ruang dan sifat-sifat bangun ruang sederhanadi kelas IV SD Negeri No. 064976 Medan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas IVa SD Negeri No.064976 Medan yang berjumlah 34 orang.Hasil penelitian berdasarkan angket pada kondisi awal mencapai rata-rata 51,35 sebanyak 7 orang siswa (20%) yang termotivasi dalam belajar. Pada siklus I mencapai rata-rata 62,55 sebanyak 17 orang siswa (50%) yang termotivasi dalam belajar. Dan pada siklus II mencapai rata-rata 67,94 sebanyak 29 orang siswa (85%) yang termotivasi dalam belajar. Hal ini diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa kelas IVa di SD Negeri No. 064976 Medan mengalami peningkatan.Hasil observasi yang diperoleh pada saat dilakukan tindakan kepada siswa dengan diterapkannya metode diskusi bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I sebanyak 16 orang siswa (48%) yang tergolong cukup, dan 18 orang siswa (52%) yang tergolong kurang atau memiliki rata-rata 2,04. Sedangkan pada siklus I pertemuan ke II sebanyak 15 orang siswa (44%) yang tergolong baik, 15 orang siswa (44%) yang tergolong cukup, dan 4 orang siswa (12%) yang tergolong kurang atau memiliki rata-rata 2,77. Pada siklus II pertemuan ke I sebanyak 21 orang siswa (61%) yang tergolong baik, dan 13 orang siswa (39%) yang tergolong cukup atau memiliki rata-rata 3,12. Sedangkan siklus II pertemuan ke II sebanyak 16 orang siswa (48%) yang tergolong sangat baik, 17 orang siswa (50%) yang tergolong baik, dan 1 orang siswa (2%) yang tergolong cukup atau memiliki rata-rata 3,82.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi bangun ruang dan sifat-sifat bangun ruang sederhana di kelas IV SD Negeri 064976 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Bat u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Matematika; Metode Diskusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7062 |