Simbolon, Rahmayani (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMEBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II T. A 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313267 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313267 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
108313267 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
108313267 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313267 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108313267 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313267 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313267 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313267 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
108313267 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313267 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kegunaan Mind Mapping dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101790 Marindal II,Penelitian Tindakan yang digunakan adalah model pembelajaran Mind Mapping yang dilakukan di SD 101790 Marindal II dengan subjek 35 orang siswa dan menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan lembar observasi kepada siswa serta data analisis tekhnik persentase.Hasil penelitian dari 35 orang siswa,pada kondisi awal dengan melalui free test terdapat 20 orang siswa motivasinya rendah (57,1%),14 orang siswa (40%) yang motivasinya sedang, dan 1 orang siswa (2,8%) yang motivasinya tinggi. Pada siklus I terdapat 10 orang siswa (28,5%) yang motivasi belajarnya tergolong rendah, 23 orang siswa (65,7%) yang motivasi belajarnya sedang, dan 2 orang siswa (5,7%) motivasi belajarnya tinggi. Ini menunjukkan bahwa hasil penelitian ini belum mencapai kriteria ketuntasan belajar maka penelitian ini dilanjutkan pada siklus II dengan memberikan pembelajaran Mind Mapping dan latihan yang hasilnya tidak terdapat motivasi belajar siswa yang tergolong rendah (0%). 5 orang siswa (14,2%) dan 30 orang siswa (85,7%) motivasi belajarnya tergolong tinggi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101790 Marindal II
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim m |
Keywords: | motivasi belajar; IPS; mind mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7060 |