Ali, Auzi Nur Fauziah (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ACTION LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT TA. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113017 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108113017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
108113017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108113017 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108113017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108113017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
108113017 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
108113017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108113017 BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
108113017 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
108113017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108113017 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri No.104208 Cinta Rakyat yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi Action Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri No.104208 Cinta Rakyat?Penelitian ini terdiri dari observasi dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II , dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Selanjutnya memberikan lembar angket di akhir siklus I dan siklus II untuk melihat motivasi belajar siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data motivasi belajar siswa pada pokok proklamasi kemerdekaan RI.Berdasarkan analisis data observasi pada siklus I pertemuan I rata-rata motivasi siswa hanya 20%. Kriteria ini masih tergolong kurang dan belum sesuai dengan harapan. Dengan perincian 6 orang siswa (25%) memperoleh kriteria baik, 8 orang siswa (26,6%) memperoleh cukup, 8 orang siswa (26,6%) memperoleh kriteria kurang, dan 8 orang siswa (26,6%) memperoleh kriteria sangat kurang. Hasil observasi motivasi siswa pada siklus I pertemuan II rata-rata motivasi siswa hanya 43,3%. Kriteria ini masih tergolong cukup namun belum sesuai dengan harapan. Dengan perincian 2 orang siswa (6,66%) memperoleh kriteria sangat baik, 11 orang siswa (36,6%) memperoleh kriteria baik, 7 orang siswa (23,3%) memperoleh kriteria cukup, dan 8 orang siswa (26,6%) memperoleh kriteria kurang dan 2 orang memperoleh kriteria sangat kurang (6,66%). Hasil observasi motivasi siswa pada siklus II rata-rata motivasi siswa sudah sangat baik yaitu 83,3% . Kriteria ini sudah sesuai dengan harapan. Dengan perincian 8 orang siswa (26,6%) memperoleh kriteria sangat baik, 17 orang siswa (56,6%) memperoleh kriteria baik, 4 orang siswa (13,3%) memperoleh kriteria cukup, dan 1 orang siswa (3,33%) memperoleh kriteria sangat baik. Hasil observasi motivasi siswa pada siklus II pertemuan II rata-rata motivasi siswa sudah sangat baik yaitu 93,3% . Kriteria ini sudah sesuai dengan harapan. Dengan perincian 15 orang siswa (50%) memperoleh kriteria sangat baik, 13 orang siswa (43,3%) memperoleh kriteria baik, 2 orang siswa (6,66%) memperoleh kriteria cukup, Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dalam pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan RI dengan Strategi Action Learning.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Action learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri No. 104208 Cinta Rakyat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ali u |
Keywords: | Motivasi; IPS ; Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7055 |