Gultom, Rosintan (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD ROLINA KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
109811116 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109811116 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
109811116 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
109811116 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
109811116 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109811116 BAB I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
109811116 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
109811116 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan peningkatan hasil belaja siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping di kelas V SD Rolina Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua Siklus yaitu Siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran Matematika tentang volume bangun ruang, dan kemudian di akhir dilanjutkan dengan siklus I dan siklus II dan diakhiri dengan pemberian pos-test I dan II. Subjek yang melaksanakan tindakan dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru kelas sebagai observer.Sedangkan subjek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Pada penelitian tindakan kelas ini, digunakan analisis data deskripsi kwalitatif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran seslama proses belajar mengajar berlangsung. Dengan menggunakan implementasi model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Dan dari analisis tes data yang diperoleh selama kegiatan berlangsung, terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 69,64% pada Siklus I menjadi 78,57% pada Siklus II. Untuk ketuntasan belajar klasikal , pada Siklus I ada 18 orang siswa memperoleh skor ≥ 65, dengan ketuntasan 64,28% secara klasikal siswa belum tuntas belajar. Pada Siklus II ada 24 orang siswa memperoleh skor ≥ 65 dengan ketuntasan 85,72% secara klasikal siswa telah mengalami ketuntasan belajar. Berdasarkan data diatas penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Rolina Kecamatan Medan Perjuangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Gul i |
Keywords: | mind mapping; matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7046 |