Lubis, Rahmiyani (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DI KELAS IV SD NEGERI 106161 LAUT DENDANG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313268 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
108313268 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
108313268 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
108313268 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108313268 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
108313268 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313268 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313268 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313268 BAB I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
108313268 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
108313268 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam hal itu dapat diketahui dari rendahnya hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan metode Talking Stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 106161 Laut Dendang Tahun Ajaran 2011/2012. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Talking Stick pada pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 106161 Laut Dendang Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari 25 perempuan dan 15 laki-laki. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Dengan menggunakan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari mulai test awal (pre-test) hingga pada siklus II. Pada test awal yang dilakukan sebelum siklus I, ada 8 orang siswa (20%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dan 32 siswa (80%) yang tidak tuntas dalam belajar, dengan rata-rata nilai 47,12. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 23 orang siswa (57,5%) dan 17 siswa (42,5%) yang tidak tuntas dalam belajar, dengan rata-rata nilai 64. Dan ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 35 orang siswa (87,5%) dan 5 siswa (17,5%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 82,75. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Talking Stick dapat mningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 106161 Laut Dendang Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lub u |
Keywords: | metode talking stick; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7045 |