Silalahi, Priska (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS V SD NEGERI 030313 GUNUNG SITEMBER KAB. DAIRI TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313260 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
108313260 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
108313260 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
108313260 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108313260 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
108313260 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313260 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313260 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313260 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313260 BAB I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
108313260 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108313260 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika khususnya materi pokok volume bangun ruang.. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor seperti rendanya aktivitas belajar siswa, metode mengajar yang dilakukan guru masih bersifat konvensional atau mengutamakan cermah, guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran, sarana dan prasarana yang digunakan belum memadai. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah dengan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi Volume bangun ruang di Kelas V SD Negeri 030313 Gunung Sitember Kab. Dairi TA 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 030313 Gunung Sitember yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pretest untuk mengetahui hasil belajar siswa.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretes dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang siswa 13% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 26 orang siswa 87% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 52,33. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 18 orang siswa 60% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 12 orang siswa 40% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 67,33. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 28 orang siswa 93,3% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 2 orang siswa 6,7% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 87,3.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Volume Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 030313 Gunung Sitember Kab. Dairi TA 2011/2012. Oleh karenya guru perlu meningkatkan keterampilan menggajarnya dengan menggunakan metode diskusi sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi volume bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sil m |
Keywords: | hasil belajar; metode diskusi; matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7043 |