Fahmi, Muhammad Chairul (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS V SDN NO 107403 CINTA RAKYAT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313217 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313217 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
108313217 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313217 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313217 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313217 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313217 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313217 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313217 BAB I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
108313217 BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
108313217 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313217 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran SAINS melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching pada pokok bahasan Jenis – Jenis Batuan dan Pembentukanya di kelas V SD. Penelitian ini dilakukan di SDN No 107403 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan penelitian ini adalah kelas V SD, yang berjumlah 32 orang siswa terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan..Penelitian ini tentang Model Pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data yang digali meliputi : Lembar observasi siswa, Lembar observasi guru. Data dari : informan atau narasumber yang melipiti guru kelas V SD, kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah berpedoman pada observasi, angket.Desain penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen Penelitian menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran SAINS pokok bahasan Jenis – Jenis Batuan dan Pembentukanya dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam bentuk observasi serta angket.Hasil penelitian menunjukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan hasil observasi dan angket. siswa dapat diketahui dengan total skor rata-rata hasil observasi pada kondisi awal dari 32 siswa dengan rara-rata 3,1, pada siklus I dengan rata-rata 5,2, dan siklus II dengan rata-rata 7,5 dan diketahui total skor rata-rata hasil angket pada kondisi awal dari 32 orang siswa dengan rata-rata 52,34 ,pada siklus I dengan rata-rata 60,34 ,dan siklus II dengan rata-rata 83, 53.Dengan demilkian dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran SAINS pokok bahasan jenis-jenis batuan dan pembentukanya di kelas V SD Negeri 107403 Cinta Rakyat kec Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Fah m |
Keywords: | Motivasi Belajar; SAINS; Quantum Teaching |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 06:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7039 |