Pohan, Dian Pebrina (2012) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI NO.060851 KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113022 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108113022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
108113022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
108113022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108113022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
108113022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108113022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108113022 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
108113022 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108113022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108113022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Permaslahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi proses pembentukan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri No.060851 Kecamatan Medan Perjuangan.Untuk menunjang dan memperkuat penelitian ini peneliti menggunakan strategi PBAS (Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa) yang dikemukakan oleh Wina Sanjaya.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No.060851 Kecamatan Medan Perjuangan yang berjumlah 26 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data minat belajar siswa pada pokok bahasan proses pembentukan tanah.Penelitian ini terdiri dari observasi dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan siklus I, peneliti melakukan observasi awal untuk melihat letak kesulitan siswa dalam mempelajari proses pembentukan tanah dari observasi awal yang dilanjutkan siklus I dan selanjutnya siklus II dengan memberikan lembar angket di siklus I dan siklus II untuk melihat minat belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dari lembar angket minat belajar siswa menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa kelas V adalah 71% dengan 10 orang siswa (38,46%) yang memiliki minat belajar tinggi dan 11 orang siswa (42,30%) yang memiliki minat belajar sedang serta 5 orang siswa(19,24%) yang memiliki minat belajar rendah. Dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 84% dengan 22 orang siswa (84,61%) yang memiliki minat belajar tinggi dan 2 orang siswa (7,69%) yang memilik minat belajar sedang serta 2 orang siswa (7,69%) yang memiliki minat belajar rendah.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi PBAS dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri No.060851 Kecamatan Medan Perjuangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Poh u |
Keywords: | minat belajar; strategi PBAS; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7038 |