Handayani, Desi (2012) PENERAPAN METODE DEBAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113020 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108113020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108113020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
108113020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108113020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108113020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108113020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108113020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108113020 BAB I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
108113020 BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
108113020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108113020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarsiswa pada aspek kognitif materi mengomentari persoalan faktual di kelas V SDNegeri No. 107400 Bandar Khalipah Jalan Pendidikan Kecamatan Percut Sei TuanKabupaten Deli Serdang. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif,peneliti menggunakan metode debat yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajarsiswa pada mengomentari persoalan faktual serta untuk meningkatkan keterampilanguru dalam menggunakan metode debat.Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiridari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi/evaluasi.Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajarandebat, lembar catatan lapangan, dan tes objektif dalam bentuk esay tes.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107400Bandar Khalipah tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 45 orang. Penentuansubjek diperoleh berdasarkan hasil investigasi terhadap kelas yang akan diteliti danberdasarkan hasil rujukan dari Kepala Sekolah.Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pada saat pretes sebesar 48,6 danmeningkat menjadi 61,3 pada siklus I kemudian pada hasil tes siklus II meningkatmenjadi 74,2. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajarmencapai 53% dan tingkat ketercapaian tes hasil belajar sebesar 50% yang berartisecara kes eluruhan siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar. Pada siklus IIdiperoleh tingkat ketuntasan belajar s iswa sebesar 84% dan tingkat ketercapaiantes hasil belajar mencapai 80% atau dengan kata lain setelah dilakukan siklus IIsiswa secara keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar diatas 70%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode debat dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif materi mengomentaripersoalan faktual di kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah tahun ajaran2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Han p |
Keywords: | Metode Debat; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7035 |