Afridayani, Dewi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODELING THE WAY MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 023905 BINJAI UTARA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313061 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
108313061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313061 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
108313061 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108313061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313061 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 023905 Binjai Utara Tahun Ajaran 2011 / 2012. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Dengan menggunakan modeling the way dapat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri No 023905. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi dalam diri seseorang berlangsung secara berkesinambungan . suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan belajar berikutnya. Menurut Mudjiono dan Dimyati (2009 : 250 )”Hasil belajar juga merupakan hasil proses belajar, atau proses pembelajaran”.Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Modeling the way. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri No 023905 Binjai Utara yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) melakukan tindakan, (3) mengamati (observasi), dan (4) refleksi. Alat penggumpul data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan observasi. Dari analisis yang dilakukan pada tes awal sebelum dilakukan tindakan, kondisi kemampuan siswa kelas IV masih rendah, karena hasil penelitian menunjukkan pada tes awal dari 30 siswa hanya terdapat 5 orang siswa yang tuntas(16,66%), sedangkan siswa yang tidak Tuntas sebanyak 25 orang(83,33%).. Pada siklus I dari 30 siswa terdapat 15 orang siswa (50%) yang tuntassedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 15 orang siswa(50%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II kondisi kemampuan siswa jauh lebih baik. Dari 30 siswa terdapat 29 orang siswa yang tuntas (96,66%) , sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 1 orang siswa(3,34%). Setelah dilaksanakan siklus I dan II, maka diketahui penyebab kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu kurangnya pemahaman siswa. Oleh karena itu, penggunaan modeling the way pada proses belajar mengajar harus diterapkan pada kalangan guru di setiap sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi KOPERASI. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 023905 Binjai Utara T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Afr m |
Keywords: | Hasil Belajar; Modeling The Way; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7032 |