Musvita, Devina (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS IV SD NEGERI 023902 BINJAI UTARA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313060 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
108313060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108313060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
108313060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313060 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
108313060 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
108313060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313060 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 023902 Binjai Utara Tahun Ajaran 2011 / 2012. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Dengan menggunakan media gambar berseri dapat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri No 023902. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media Gambar berseri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2012. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri No 023902 Binjai Utara yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) melakukan tindakan, (3) mengamati (observasi), dan (4) refleksi. Alat penggumpul data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan observasi. Dari analisis yang dilakukan pada tes awal sebelum dilakukan tindakan, kondisi kemampuan siswa kelas IV masih rendah, karena hasil penelitian menunjukkan pada tes awal dari 24 siswa hanya terdapat 6 orang siswa yang tuntas(25%), sedangkan siswa yang tidak Tuntas sebanyak 18 orang(75%). Pada siklus I dari 24 siswa terdapat 12 orang siswa yang tuntas (50%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang siswa(50%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II kondisi kemampuan siswa jauh lebih baik. Dari 24 siswa terdapat 21 orang siswa yang tuntas (87,5%) , sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 3 orang siswa(12,5%). Setelah dilaksanakan siklus I dan II, maka diketahui penyebab kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu kurangnya pemahaman siswa. Hal ini disebabkan guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penggunaan media gambar berseri pada proses belajar mengajar harus diterapkan pada kalangan guru di setiap sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi Menulis Karangan. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 023902 Binjai Utara T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mus m |
Keywords: | Hasil Belajar; Bahasa Indonesia; Media Gambar Berseri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7029 |