Sembiring, Deliana (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 105303 RUMAH GREAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313054 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108313054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
108313054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
108313054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
108313054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313054 BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
108313054 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108313054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
108313054 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi pokok operasi perkalian dan pembagian bilangan di kelas IV SD Negeri 105303 Rumah Gerat Kecamatan Biru-Biru Kabupaten Deliserdang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan pendekatan cooperative tipe jigsaw pada materi operasi perkalian dan pembagian bilangan dan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 105303 Rumah Gerat tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan mei sampai dengan bulan juli 2012. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi /evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Sebelum dilakukan tindakan pada Siklus I penelitian memberikan pre tes kepada 20 orang siswa untuk mengetahui letak kesulitan siswa pada materi pokok daur air. Kemudian diakhiri Siklus I dan siklus II diberikan post tes I dan post tes II. Hasil penelitian di peroleh nilai rata-rata pada tes awal dari 20 orang siswa sebesar 59,5 dimana terdapat 7 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (35%) dan sebanyak 13 orang siswa yang tidak tuntasdengan persentase (65%). Pada siklus I nilai rata-rata dari 20 orang siswa meningkat menjadi 69 dimana terdapat 10 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (50%) dan sebanyak 10 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (50%). Pada siklus II nilai rata-rata dari 20 orang siswa meningkat menjadi 84 dimana terdapat 18 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (90%) dan sebanyak 2 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (10%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi perkalian dan pembagian bilangan di kelas IV SD Negeri 105303 Rumah Gerat tahun ajaran 2012/2013. Sehingga pembelajaran pendekatan cooperative tipe jigsaw dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sem m |
Keywords: | Hasil Belajar; matematika; Cooperative Tipe Jigsaw; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7027 |