Manalu, Kristina (2012) PENGGUNAAN ALAT PERAGA KIT IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS IPA KELAS V SD NEGERI NO. 020268 BINJAI TIMUR T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108413135 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
108413135 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
108413135 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
108413135 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
108413135 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
108413135 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108413135 BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
108413135 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
108413135 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran IPA memiliki fungsi yang fundamental dalam menimbulkan serta mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif dan inovatif. Sesuai dengan praktek pengalaman lapangan terpadu (PPLT) di kelas V SD Negeri 020268 Binjai yang berjumlah 30 siswa, siswa yang mengalami kesulitan belajar sangat tinggi sekitar 60%, siswa yang tidak berminat dalam belajar dan tidak memberikan perhatian pada saat belajar serta tidak terampil dalam mengikuti pelajaran dikategorikan tinggi sekitar 40%. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan alat peraga KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembuatan makanan pada tumbuhan hijau kelas V SD Negeri 020268 Binjai Timur T.A 2011/2012?Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 020268 Binjai Timur, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan Alat Peraga KIT IPA dengan sasaran utama untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No. 020268 Binjai Timur T.A 2011/2012. Hasil dari belajar siswa pada pretest yaitu 36 (0%) dan tidak ada siswa yang mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus I (post test I) yaitu 65 (63%) dan siswa yang mencapai nilai ketuntasan tersebut hanya 19 orang, sebab hanya 19 orang yang memiliki nilai yang dikatakan berhasil dalam materi pembuatan makanan pada tumbuhan hijau yaitu 90-ke atas, 80-89, 70-79 (33%, 13% dan 17%), sedangkan target hasil belajar siswa yaitu nilai 70 (70%). Pada siklus II (post test II) nilai rata-rata siswa terjadi peningkatan dari siklus I yaitu 82 (87%) dan siswa yang mencapai nilai ketuntasan tersebut sebanyak 26 orang, ada 4 orang siswa yang belum tuntas dalam belajar yaitu 13% dan pembelajaran dinyatakan mencapai ketuntasan yaitu 87%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Alat Peraga KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa bagi siswa kelas V SD Negeri No. 020268 Binjai Timur T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Man p |
Keywords: | Alat Peraga KIT; IPA; Hasil Belajar Siswa; Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7025 |