MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Hasruddin (2009) MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Tabularasa, 06 (01). pp. 48-60. ISSN 1693-7732

[thumbnail of Memaksimalkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan kontekstual.pdf]
Preview
Text
Memaksimalkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan kontekstual.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis pelajar penting digalakkan agar mereka mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kebenaran ilmiah. Berpikir kritis memungkinkan pelajar menemukan kebenaran di tengah-tengah derasnya informasi yang mengelilingi mereka setiap hari dan dari berbagai sumber belajar. Pelajar akan memiliki pemahaman yang mendalam bila pada proses pembelajaran menekankan kemampuan berpikir kritis. Melalui kemampuan berpikir kritis, pelajar diberi kesempatan menggunakan pemikiran dalam tingkatan yang lebih tinggi. Untuk memaksimalkan kemampuan berpikir kritis ini maka pembelajaran seharusnya memberdayakan kemampuan berpikirnya. Berbagai pendekatan dapat diaplikasikan, satu di antaranya adalah dengan menerapkan pendekatan kontekstual

Item Type: Article
Keywords: Berpikir kritis; Pendekatan kontekstual; Konstruktivisme; Questioning; Inquiry; Learning community
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 30 Mar 2016 06:52
Last Modified: 02 May 2016 22:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item
View Item