PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060936 KEC. MEDAN JOHOR T.A 2011/2012

Sipayung, Krisanta (2012) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060936 KEC. MEDAN JOHOR T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108313166 COVER.pdf]
Preview
Text
108313166 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 108313166 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108313166 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 108313166 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108313166 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 108313166 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108313166 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 108313166 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108313166 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 108313166 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
108313166 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 108313166 BAB I.pdf]
Preview
Text
108313166 BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 108313166 BAB V.pdf]
Preview
Text
108313166 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 108313166 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108313166 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Sebagai Alternatif tindakan yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode sosiodrama di Kelas V SD Negeri 060936 Kec. Medan Johor TA2011 / 2012Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS materi pokok Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas V Negeri 060936 Kec. Medan Johor TA 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan 1 siklus 2 kali pertemuan. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan hasil observasi sebelum dilakukan tindakan, Siklus I, Siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 orang siswa. Berdasarkan analisis data pada saat pretest ditemukan dari 32 orang siswa tingkat ketuntasan sebanyak 8 orang (25%) sedangkan sebanyak 24 orang siswa (75%) mendapat nilai belum tuntas. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menerapkan metode sosiodrama diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 15 orang (46,88%) sedangkan sebanyak 17 orang siswa mendapat nilai belum tuntas (53,22%). Setelah pelaksanaan siklus II dengan menerapkan metode sosiodrama diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 29 orang siswa (90,63%) sedangkan sebanyak 3 orang siswa (8,37%) yang mendapat nilai belum tuntas.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam sub Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di SD Negeri 060936 Kec. Medan Johor. Oleh karenanya disarakan kepada guru hendaknya menggunakan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Khususnya pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Sip p
Keywords: Metode Sosiodrama; IPS; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 26 Jul 2016 07:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item
View Item