Matondang, Zulkifli MODEL PENGEMBANGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH MANDIRI. Jurnal Title.
Model pengembangan kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah mandiri.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Kepala sekolah merupakan tenaga kependidikan yang diberi tugas tambahan dalammelakukan pembinaan sekolah. Pembinaan yang dilakukan kepala sekolah baikbidang akademik maupun manajerial dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karaktersiswa (bangsa) sesuai yang diharapkan. Sekolah yang mandiri yaitu lembagapendidikan yang dalam proses kegiatannya telah memenuhi standar yang sudahditetapkan. Dalam mewujudkan sekolah mandiri, diperlukan seorang kepala sekolahyang memiliki visi dan misi yang konkrit dan akan dapat dicapai pada rentang waktutertentu. Salah satu tujuan dibidang pendidikan yaitu memantapkan karakter bangsamenuju generasi 2045. Karakter bangsa yang dituju yaitu sosok manusia Indonesiayang mampu menghadapi tantangan, berkarakter, dan kompetetif dalam era global.Dalam menyiapkan manusia Indonesia tersebut, dibutuhkan para kepala sekolahyang mampu mengaplikasikan pendidikan melalui sekolah mandiri. Untuk itudibutuhkan suatu model pengembangan dan pembinaan agar mampu mewujudkansekolah mandiri. Implementasi sekolah mandiri memerlukan suatu kesadaran barudalam menjalankan roda organisasi sekolah. Kepala sekolah beserta guru harus memiliki otonomi dan otoritas yang memadai dalam membentuk karakter bangsa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pengembangan; Kepala sekolah; Sekolah Mndiri; Karakter Bangsa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LD Individual institutions (United States) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 04:49 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/699 |