PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH DENGAN SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH

Rangkuti, Rizki Kurniawan (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH DENGAN SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136171045 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136171045 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136171045 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136171045 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136171045 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136171045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136171045 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136171045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136171045 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136171045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136171045 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. 8136171045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136171045 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. 8136171045 TABLES.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136171045 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8136171045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8136171045 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8136171045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136171045 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8136171045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan metakognisi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori berbantuan media Autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph, (2) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori berbantuan media Autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph, (3) bagaimana proses dan kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis, (4) bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran ekspositori berbantuan media Autograph dan respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Harapan 1 Medan, kemudian secara acak dipilih dua kelas dari lima kelas. Kelas eksperimen 1 mendapat pembelajaran ekspositori berbantuan media Autograph dan kelas eksperimen 2 mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan metakognisi matematis, (2) tes kemampuan komunikasi matematis, (3) angket respon siswa terhadap pembelajaran, (4) angket hasil aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan (5) angket kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA) dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan metakognisi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori berbantuan media Autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori berbantuan media Autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph, (3) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis pada kelas eksperimen 2 lebih baik daripada kelas eksperimen 1, dan kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis pada kelas eksperimen 2 lebih sedikit daripada kelas eksperimen 1, (4) respon siswa terhadap pembelajaran ekspositori berbantuan media Autograph dan pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph sama-sama memberikan respon positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Ran p
Keywords: Media autograph; Pembelajaran ekspositori; Komunikasi matematis; Penemuan terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:48
Last Modified: 28 Jul 2016 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6981

Actions (login required)

View Item
View Item