PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SIMULASI ANIMASI PADA MATAKULIAH CHASIS OTOMOTIF

Bahar, Andi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SIMULASI ANIMASI PADA MATAKULIAH CHASIS OTOMOTIF. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126121004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126121004 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126121004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126121004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126121004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126121004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126121004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126121004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6.  NIM. 8126121004 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126121004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126121004 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126121004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126121004 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126121004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8126121004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8126121004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126121004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan simulasi animasi pada matakuliah chasis otomotif yang berkualitas, mudah dipelajari dan dipahami mahasiswa serta dapat digunakan untuk pembelajaran individual.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan desain pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2015/2016. Pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis untuk memenuhi karakteristik mahasiswa dalam belajar dengan enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subyek uji coba terdiri dari 2 ahli materi matakuliah chasis otomotif, 2 ahli desain pembelajaran, 2 ahli media, 3 mahasiswa untuk uji coba perorangan, 9 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 26 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada matakuliah chasis otomotif untuk mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan dengan persentase rata-rata sebesar 90,65% , nilai 5 pada skala Likert dan berada pada kriteria “sangat baik”, (2) uji ahli materi matakuliah chasis otomotif berada pada kriteria sangat baik (93,33%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (87,40%), (4) uji ahli media berada pada kriteria sangat baik (91,65%), (5) uji coba perorangan termasuk pada kriteria sangat baik (88,87%), (6) uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat baik (90,38%), dan (7) uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (93,24%).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Bah p
Keywords: Teknologi pembelajaran; Hasil belajar; Chasis otomotif; Karakteristik mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jul 2016 03:08
Last Modified: 27 Jul 2016 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6914

Actions (login required)

View Item
View Item