Bahar, Andi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SIMULASI ANIMASI PADA MATAKULIAH CHASIS OTOMOTIF. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126121004 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8126121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 8126121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 8126121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 8126121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 8126121004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM. 8126121004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 8126121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
12. NIM. 8126121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
13. NIM. 8126121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan simulasi animasi pada matakuliah chasis otomotif yang berkualitas, mudah dipelajari dan dipahami mahasiswa serta dapat digunakan untuk pembelajaran individual.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan desain pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2015/2016. Pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis untuk memenuhi karakteristik mahasiswa dalam belajar dengan enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subyek uji coba terdiri dari 2 ahli materi matakuliah chasis otomotif, 2 ahli desain pembelajaran, 2 ahli media, 3 mahasiswa untuk uji coba perorangan, 9 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 26 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada matakuliah chasis otomotif untuk mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan dengan persentase rata-rata sebesar 90,65% , nilai 5 pada skala Likert dan berada pada kriteria “sangat baik”, (2) uji ahli materi matakuliah chasis otomotif berada pada kriteria sangat baik (93,33%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (87,40%), (4) uji ahli media berada pada kriteria sangat baik (91,65%), (5) uji coba perorangan termasuk pada kriteria sangat baik (88,87%), (6) uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat baik (90,38%), dan (7) uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (93,24%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Bah p |
Keywords: | Teknologi pembelajaran; Hasil belajar; Chasis otomotif; Karakteristik mahasiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 03:08 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6914 |