Ampera, Dina (2012) KAJIAN KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MITRA PPL PGSD. Jurnal Tabularasa, 9 (2). pp. 229-246. ISSN 1693-7732
Kajian kesetaraan gender dalam pendidikan Di sekolah dasar mitra PPL PGSD.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Isu gender merupakan wacana dan pergerakan untuk mencapai kesetaraan peran, hak dan kesempatan antara laki-laki dan perempuan. Pergerakan gender ini berputar disekitar permasalahan yang terjadi terhadap perempuan, yaitu stereotyping, marginalisasi, subordinasi, beban ganda, dan kekerasan. Sebagai upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG) di Indonesia, yaitu terbitnyanya Inpres No. 9 Tahun 2000. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemahaman gender pada pembelajaran sekolah dasar di Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui pengetahuan yang dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar mengenai pemahaman gender, serta untuk mengungkapkan berbagai kondisi gender yang telah lama tersosialisasi begitu lama dalam sistem sosial masyarakat. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif dengan metode survei. Lokasi penelitian bertempat di MEBIDANG, responden merupakan siswa-siswi SD yang aktif sekolah. Berdasarkan perolehan data dan hasil analisa penelitian, disimpulkan bahwa responden (70,69%) tidak mengetahui dengan baik gender sebenarnya. Hampir keseluruhan responden (52,81%) melekatkan gender dan jenis kelamin memiliki pengertian yang sama.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Kesetaraan; Gender; Pendidikan; PPL |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 02:55 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/689 |