PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN MENGIKUTI PEMBELAJARAN HIDROLOGI MELALUI UMPAN BALIK DALAM PEMBERIAN TUGAS

Kristian (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN MENGIKUTI PEMBELAJARAN HIDROLOGI MELALUI UMPAN BALIK DALAM PEMBERIAN TUGAS. Jurnal Tabularasa, 9 (1). pp. 159-172. ISSN 1693-7732

[thumbnail of Peningkatan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pendidikan teknik bangunan mengikuti pembelajaran hidrologi melalui umpan balik dalam pemberian tugas.pdf]
Preview
Text
Peningkatan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pendidikan teknik bangunan mengikuti pembelajaran hidrologi melalui umpan balik dalam pemberian tugas.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata kuliah Hidrologi. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FT Unimed semester genap TA. 2010/2011. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah Hidrologi sebanyak 36 orang. Hasil penelitian diperoleh yaitu meningkatnya: 1) aktivitas mahasiswa dalam belajar Hidrologi, 2) ketepatan mahasiswa dalam mengerjakan tugas tepat waktu, 3) hasil post test mahasiwa meningkat yang dilakukan pada akhir siklus. Hasil postest yang diperoleh yaitu sebesar 86,11% mahasiswa mendapat skor delapan puluh ke atas. Jadi melalui pemberian tugas dengan umpan balik, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata kuliah Hidrologi, pada mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FT - Unimed.

Item Type: Article
Keywords: Hasil Belajar Hidrologi; Aktivitas Mahasiswa; Umpan Balik; Pemberian Tugas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Mar 2016 08:09
Last Modified: 29 Mar 2016 09:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item
View Item