Kristian (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN MENGIKUTI PEMBELAJARAN HIDROLOGI MELALUI UMPAN BALIK DALAM PEMBERIAN TUGAS. Jurnal Tabularasa, 9 (1). pp. 159-172. ISSN 1693-7732
Peningkatan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pendidikan teknik bangunan mengikuti pembelajaran hidrologi melalui umpan balik dalam pemberian tugas.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata kuliah Hidrologi. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FT Unimed semester genap TA. 2010/2011. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah Hidrologi sebanyak 36 orang. Hasil penelitian diperoleh yaitu meningkatnya: 1) aktivitas mahasiswa dalam belajar Hidrologi, 2) ketepatan mahasiswa dalam mengerjakan tugas tepat waktu, 3) hasil post test mahasiwa meningkat yang dilakukan pada akhir siklus. Hasil postest yang diperoleh yaitu sebesar 86,11% mahasiswa mendapat skor delapan puluh ke atas. Jadi melalui pemberian tugas dengan umpan balik, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata kuliah Hidrologi, pada mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FT - Unimed.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Hidrologi; Aktivitas Mahasiswa; Umpan Balik; Pemberian Tugas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 08:09 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/684 |