Halim, Abdul (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP N 2 SECANGGANG KABUPATEN LANGKAT. Jurnal Tabularasa, 9 (2). pp. 141-158. ISSN 1693-7732
Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMP N 2 Secanggang Kabupaten Langkat.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS terhadap hasil belajar fisika berdasarkan dan gaya belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Secanggang. Metode penelitian yaitu quasi eksperimen dan desain faktorial 2x3. Sebelum uji lanjut dengan uji Scheffe dilakukan uji normalitas Lilifors serta uji homogenitas menggunakan uji F dan uji Barlett. Temuan penelitian ini menunjukkan ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar fisika pada α=5%, Hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan tipe STAD lebih tinggidibandingkan tipe TPS. Ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa pada α=5%. Siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial memperoleh hasil belajar fisika lebih tinggi dibandingkan siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa, Hasil uji lanjut menggunakan uji Scheffe diketahui bahwa kelompok siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial memperoleh hasil belajar fisika lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Gaya Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 08:19 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/683 |