Hutapea, Flora (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN. Jurnal Tabularasa, 9 (2). pp. 129-140. ISSN 1693-7732
Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar membuat hiasan busana siswa SMK Negeri 8 Medan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran tutor sebaya dengan strategi pembelajaran terpimpin; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah; dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar membuat hiasan busana siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 8 Medan semester genap TA 2010/2011. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 129 orang, sampel adalah kelas XI Tata Busana-C sebanyak 30 orang dan kelas XI Tata Busana-D sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket motivasi berprestasi. Metode penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan  = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, dan 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Tutor Sebaya; Ekspositori; Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 08:22 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/682 |