Mulianti, Mega (2016) UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DENGAN MEMANFAATKAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks pada siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016 melalui pendekata bermain dengan memanfaatkan modifikasi alat. Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri 101767 Tembung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung pada Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 orang, diantaranya terdiri dari 10 orang siswa putra dan 12 orang siswa putri.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach), yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar observasi siswa, lembar observasi guru dan test hasil belajar teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks dengan menggunakan lembar portofolio.
Melalui pendekatan bermain dengan memanfaatkan modifikasi alat dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks siswa dari mulai data observasi hingga pada siklus II, pada data observasi yang dilakukan terdapat 9 siswa (40,92%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 63,09. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 14 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 663,64% dengan nilai rata-rata 65,36. Dan ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 19 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 86,36% dengan rata-rata nilai 74,18. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks melalui pendekatan bermain dengan memanfaatkan modifikasi alat pada siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan melalui pendekatan bermain dengan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks pada siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKR 020 |
Keywords: | Atletik;Tolak Peluru;Pendidikan Jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 02:31 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6790 |