Nasution, Dewi Syahfitri (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-ITTIHADIYAH MAMYAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6112111004 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. NIM. 6112111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
3. NIM. 6112111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 6112111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 6112111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 6112111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 6112111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 6112111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM. 6112111004 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
14. NIM. 6112111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas bola voli melalui variasi pembelajaran dengan media audio visual pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Al-Ittihadiyah Mamyai Tahun Ajaran 2015/2016. Lokasi penelitian ini adalah di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ittihadiyah Mamyai Bromo Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Al-Ittihadiyah Mamyai pada Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 orang, diantaranya terdiri dari 11 orang putra dan 11 orang putri.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach), yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi untuk mengetahui letak kesulitan pada mata pelajaran penjas passing atas bola voli, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar observasi siswa, lembar observasi guru dan test hasil belajar passing atas bola voli melalui variasi pembelajaran dengan media audio visual dengan menggunakan lembar portofolio.
Melalui variasi pembelajaran dengan media audio visual dalam permainan passing atas bola voli, siswa dari mulai data observasi hingga pada siklus II, pada data observasi yang dilakukan terdapat 15 siswa (63.6%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dan 8 siswa (36.4 %) belum memiliki ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 76.3. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 12 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 54.55% dan 10 siswa (45,45%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 63.26. Dan ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 18 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 81,82% dan 4 siswa (18,18%) yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 76.14. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar passing atas bola voli melalui variasi pembelajaran dengan media audio visual pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Al-Ittihadiyah Mamyai Tahun Ajaran 2015/2016. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas X madrasah aliyah swasta al-ittihadiyah mamyai Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKR 019 |
Keywords: | Bola Voli;Pendidikan Jasmani; Audio Visual |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 02:23 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6788 |