Khosiyah (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD INTI NO. 060873 MEDAN. Jurnal Tabularasa, 09 (01). pp. 63-80. ISSN 1693-7732
Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa sd inti no. 060873 Medan.pdf - Published Version
Download (978kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan upaya peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada bidang studi PAI dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif dengan memperhatikan gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Inti 060873 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random samplin. Strategi pembelajaran yang dilakukan yaitu STAD dan ekspositori, sedangkan gaya belajar dikategorikan atas visual, auditori dan kinestetik. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan strategi STAD lebih tinggi daripada strategi ekspositori. Hasil belajar PAI siswa dengan gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan auditori dan kinestetik. Dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar PAI.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Gaya Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 08:28 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/678 |