Panggabean, Desi Ratnasari (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE DEBATE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Subjek penelitian adalah siswa/i IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa sebanyak 33 orang dengan jumlah laki – laki 14 orang dan 19 perempuan orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan Metode Active Debate. Metode Pembelajaran Active Debate adalah suatu metode pembelajaran yang mengadakann perdebatan antar kelompok siswa dalam kelas mengenai susatu materi pembelajaran saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujan untuk membuktikan Apakah dengan menerapkan Metode Active Debate dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Materi Pokok Globalisasi Di Kelas IVB SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015 / 2016. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Metode Active Debate pada materi pokok globalisasi dikelas IVB SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016. Motivasi merupakan dorongan atau keinginan dari internal dan eksternal seseorang untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Active Debate dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Materi Pokok Globalisasi Di Kelas IVB SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015 / 2016. Penyebaran Angket Pada Kondisi Awal adalah 61,84% dan Angket Kondisi Akhir Adalah 90,90%. Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 56,72%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sedang dengan rata-rata 74,43%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa sedang dengan rata-rata 84,74% dan Siklus II Pretemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 89,87%. Observasi Siswa Secara Klasikal Pada Siklus I Pertemuan 1 yaitu rata-rata 12%, Siklus I Pertemuan 2 meningkat menjadi 32%, Siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 64% dan pada Siklus II Pertemuan 2 meningkat menjadi 92%. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas IVB pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan rata-rata 67% (Cukup), Pada Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 70% (Baik), Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 81% (Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 86% (Baik). Dengan demikian dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Active Debate dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas IVB di SD Negeri 106163 Bandar Klippa Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 174 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Active Deate |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 07:32 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6776 |