PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA MTS ULUMUL QUR’AN LANGSA

Burhanuddin (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA MTS ULUMUL QUR’AN LANGSA. Jurnal Tabularasa, 09 (01). pp. 45-62. ISSN 1693-7732

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh stategi pembelajaran kooperatif dan kemampuan verbal siswa terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan di MTs Ulumul Qur’an Langsa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 135 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling, dan diperoleh kelas VIII-2 (28 orang) menggunakan pembelajaran kooperatif TGT dan kelas VIII-4 (31 orang) menggunakan pembelajaran pendekatan strukutral. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar IPS. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf a = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi kooperatif TGT lebih tinggi daripada strategi pendekatan struktural. Hasil belajar IPS siswa dengan kemampuan verbal tinggi lebih baik dari pada siswa dengan kemampuan verbal rendah. Dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan verbal siswa terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Article
Keywords: Kooperatif; Kemampuan verbal; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2016 08:46
Last Modified: 31 Oct 2016 08:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item
View Item