Nainggolan, Evy Reda P. (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 104187 MULIOREJO T.A 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111031 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 1123111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. NIM. 1123111031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 1123111031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5.NIM. 1123111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6.NIM. 1123111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7.NIM. 1123111031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8.NIM. 1123111031 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9.NIM. 1123111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
10. NIM. 1123111031BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
14. NIM. 1123111031BAB V .pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
15. NIM. 1123111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble.
Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas IV SD Negeri 104187 Muliorejo yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya adalah terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa motivasi belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan adanya peningkatan, pada kondisi awal nilai rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus, pada siklus I pertemuan I ada 10 orang siswa yang memiliki motivasi belajar siswa dengan kriteria rendah 33,33%. Pada siklus I pertemuan II ada 20 orang siswa memiliki kriteria sedang 66,66%. Dan pada siklus II pertemuan I persentase belajar siswa sebanyak 26 orang memiliki motivasi belajar dengan kriteria tinggi 86,66%. Dan pada siklus II pertemuan II ada semakin meningkat lagi sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa yaitu: 27 orang memiliki motivasi belajar siswa sangat tinggi 90%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, materi pokok kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan potensi alam pada kelas IV SD Negeri 104187 Muliorejo
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 176 |
Keywords: | Motivasi Belajar;Model Pembelajaran; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 07:17 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6769 |