Ammalya, Rizqa (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 060843 KECAMATAN MEDAN BARAT T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1123311061 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM 1123311061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
NIM 1123311061 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
NIM 1123311061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
NIM 1123311061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
NIM 1123311061 TABLES.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
NIM 1123311061 GRAFICS.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
NIM 1123311061 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
NIM 1123311061 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
NIM 1123311061 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
NIM 1123311061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok perjuangan pada masa penjajahan Belanda dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tindakan model pembelajaran Take and Give. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060843 Kecamatan Medan Barat T.A 2015/2016 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, post test siklus I dan post test siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 70. Apabila nilai siswa kurang dari 70, maka siswa dikatakan belum tuntas.
Pada saat dilaksanakan tes awal dapat diketahui bahwa dari 34 orang siswa sebanyak 7 siswa (20,59%) tuntas dan sebanyak 27 orang siswa (79,41%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 52,16. Siklus I dapat diketahui bahwa dari 34 orang siswa sebanyak 21 siswa (61,76%) yang mendapat hasil belajar tuntas dan sebanyak 13 siswa (44,12%) yang masuk dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 71,76. Jika dibandingkan dengan nilai tes awal, maka telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan post test siklus II dapat diketahui sebanyak 34 orang siswa (100%) yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata klasikal 91,37. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan sekaligus membuktikan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya.
Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD negeri 060843 Kecamatan Medan Barat T.A 2015/2016”. Dapat diterima, dengan jumlah nilai seluruhnya 3106,97, nilai rata-rata klasikal 91,37 dan nilai ketuntasan klasikalnya sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 030 |
Keywords: | Take and Give; IPS;Model Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 04:35 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6762 |